Jumat, 23 Februari 2018

Cara Menghemat Kuota Smartphone Android mu

Dari mengecek, melakukan pekerjaan hingga mencari hiburan melalui internet. Internet tidak bisa lepas dari kebutuhan hidup zaman sekarang. Dengan keinginan dan kebutuhan yang tanpa batas, hanya satu yang membatasi orang-orang dalam mengakses internet yaitu kuota. Kuota merupakan hal penting di zaman sekarang yang semua serba terhubung dengan internet. Karena kuota yang terbatas dan kebutuhan akan kuota yang tidak terbatas, hanya satu ada solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu mencari cara untuk menghemat kuota yang digunakan smartphone android mu tanpa menganggu aktivitas mu.

Cara Menghemat Kuota Smartphone Android mu


Sebenarnya untuk menghemat kuota paket data kita bisa dilakukan dengan mudah dan hanya membutuhkan beberapa menit maksimal untuk melakukan penghematan kuota internet mu.Inilah beberapa cara menghemat kuota pada smartphone android mu:

1. Chrome Data Saver

Kebanyakan pengguna android menggunakan browser google chrome besutan google untuk browsing atau googling sesuatu hal ataupun sekedar menonton video di youtube maupun menggunakan sosial media. Tahukah kamu bahwa google chrome memiliki opsi data saver?.

Iya, Google Chrome mu bisa menghemat kuota yang kamu pakai saat menggunakan internet hanya dengan mengaktifkan data saver. Caranya kamu hanya perlu ke pengaturan/setting lalu ke data saver, lalu geser off/non aktif menjadi on/aktif. Mudah bukan?.

2.Resolusi

Bagi yang suka menonton streaming video di youtube dan ingin menghemat kuota caranya mudah tinggal kamu kurangi resolusi video pada video yang kamu putar, ubah jadi resolusi 480P. resolusi 480P merupakan resolusi video kualitas sedang dan sangat layak di tonton. Memang tidak sebening resolusi 720p atau bahkan 1080P tapi jauh lebih irit kuota dan masih sangat enak buat ditonton.

Baca juga: Cara Melacak Android yang Hilang dengan Fitur Find My Device dari Google

3.Uninstall Aplikasi facebook

Kenapa harus uinstall aplikasi facebook, jawabannya sangat sederhana. Karena aplikasi facebook walaupun sudah ditutup akan aktif di background seperti memberikan notifikasi tentang komentar baru di status mu dan lain sebagainya. Hal ini juga menguras kuota secara kamu tidak sadari, saran lebih baik menggunakan browser google chrome yang sudah diaktifkan data saver-nya untuk menghemat kuota mu atau jika kamu masih sayang dengan aplikasi facebook mu, ganti aplikasi facebook mu dengan facebook lite yang lebih hemat kuota.

4.Matikan Layanan yang tidak diperlukan
Smartphone android membutuhkan akun gmail dan satu akun gmail akan tersikronisasi dengan banyak layananan seperti google keep, google fit dan google play games, Matikan layanan yang kamu tidak perlukan untuk menghemat kuota dengan cara ke menu setting/pengaturan lalu ke accounts/akun lalu pilih akun gmail mu. Lalu non aktifkan layanan yang kamu anggap tidak penting.

Baca juga: Cara Copas (Copy paste) tulisan dari file gambar jpg atau PNG

5. Batasi Penggunaan Data Background
Kamu bisa membatasi penggunaan data di background, dengan cara ke setting/pengaturan lalu ke data usage/penggunaan data lalu ke menu bagian pojok kanan atas lalu restrict background data/batasi data background lalu pilih ok.

Bagi pengguna android oreo, kamu bisa langsung memilih data saver di bagian data usage/pemakaian data di smartphone mu. Dengan ini sebagian besar aplikasi di smartphone mu akan menggunakan kuota saat kamu mengaktifkannya atau saat kamu terhubung dengan WIFI. Itulah beberapa Cara Menghemat Kuota Smartphone Android mu. Selamat Mencoba!


EmoticonEmoticon