Jumat, 23 Februari 2018

Perbedaan kamera DSLR dan SLR yang harus kamu tahu


Lebih bagus mana kamera SLR dan DSLR ini mungkin pertanyaan yang di ajukan oleh orang yang baru terjun dalam fotografi. Sebenarnya antara kamera DSLR dan kamera SLR memiliki kelebihan dan kekurangan masin-masing yang harus di ketahui bagi orang yang mau terjun ke fotografi atau orang yang hanya sekedar membeli kamera untuk kebutuhan tertentu.
Perbedaan kamera DSLR dan SLR yang harus kamu tahu
Gambar. kamera DSLR dan SLR 


Kamera SLR ( single lens reflex) adalah kamera yang memiliki lensa tunggal untuk melewatkan berkas cahaya ke focal plae dan view finder sehingga fotografer dapat melihat hasil foto yang akan di jadi jika di potret, hasil gambar dan yang dilihat fotografer tidak berbeda. Sedangkan  diambil dan DSLR (digital Lens reflex) merupakan jenis kamera memiliki  desain kamera yang menggunakan sistem cermin di dalamnya yang berfungsi untuk memantulkan cahaya ke prima sehingga orang yang akan memfoto menggunakan kamera SLR maupun DSLR bisa melihat hasil yang akan dibidik dengan akurat sesuai pada lensa kamera. Sistem pada kamera SLR membuat pengaturan komposisi scara otomatik. Data gambar yang dihasilkan di simpan dalam film 35 MM atau analog,untuk memprosesnya foto dengan mencuci gulungan film pada tempat cuci cetak foto.Sedangkan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) yaitu kamera digital yang menggunakan sistem mirror mechanical dan pentaprisma untuk mengarahkan cahaya dari lensa menuju ke optical viewfinder pada kamera. Sistem kamera DSLR menggunakan sistem digital sepenuhnya hasil foto akan masuk pada memori card pada kamera tersebut. Hasil foto kamera DSLR langsung bisa dilihat pada layar belakang LCD yang berada di belakang kamera DSLR itu sendiri. itulah perbedaan dasar dari kamera SLR dan DSLR.

Baca Juga:  Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR adalah sebagai berikut:

1. Media Penyimpanan
Kamera SLR menggunakan media penyimpanan film 35 MM yang disebut analog. Sedangkan DSLR menggunakan memory card sebagai media penyimpanan berupa micro SD.

2.Pencetakan Gambar
Untuk mencetak foto hasil dari Kamera SLR harus di cuci di ruang gelap dan tidak boleh terkena sinar matahari untuk mencuci gulungan negatif film foto menjadi foto. Sedangkan pada kamera DSLR menggunakan printing digital.

3. Fitur dan Tombol
Kamera SLR minim tombol dan memiliki fitur yang terbatas. Sedangkan kamera DSLR mempunyai tombol yang cukup banyak dan banyak fitur untuk membantu menghasilkan foto yang menawan seperti Resolusi, ISO, White Balance dan Preset Scenes.

4. Hasil Foto
hasil Foto dari kamera DSLR bisa diedit karena hasil fotonya disimpan dalam data digital, berbeda dengan kamera SLR yang fotonya tercetak pada film negatif jadi foto tidak bisa diolah kembali sebelum dicetak hasilnya.

5. Data Hasil Foto
Jika kamera DSLR hasil foto tersimpan dalam bentuk digital yang bisa di hapus dan memiliki kapastitas tergantung micro SD yang digunakan berbeda dengan kamera SLR yang menggunakan film untuk foto yang jumlahnya terbatas, jika banyak foto gagal alias foto yang dihasilkan kurang memuaskan maka banyak gulungan film terbuang.

6. Penangkapan cahaya dan Penerjemahan warna
Karena kamera SLR menggunakan film membuat kamera SLR dapat menangkap cahaya dan menerjemahkan warna lebih baik dibanding kamera DSLR manapun.

Baca Juga: 5  Aplikasi Kamera Terbaik untuk Selfie

Kalau kalian bertanya lebih bagus slr atau dslr, kami rasa banyak kelebihan yang bisa ditawarkan kamera DSLR dibanding kamera SLR. Walaupun kamera digital yang tidak menggunakan film tidak memiliki penangkapan cahaya dan menerjemahan lebih baik dibanding SLR. Tapi kami lebih condong merekomendasikan kamera DSLR, karena kepraktisannya. Kalau ditanyai mengenai harga slr dan dslr, sebenarnya harga berbeda=berbeda tergantung merk dan ukuran Megapixel kamera tersebut. Jadi sesuaikan dengan budget anda untuk pembelian, saran kami bagi pemula sebaiknya membeli kamera DSLR. inilah perbedaan kamera SLR dan DSLR


EmoticonEmoticon