Rabu, 14 Maret 2018

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Seperti Sedia Kala

Pasti bagi pengguna hp akan mengalami hal seperti indikator baterai yang tidak sesuai, baterai yang cepat habis, pengisian daya baterai yang sangat lama hingga baterai hp yang tidak mau di charger. Hal ini wajar jika kamu sudah menggunakan hp tersebut untuk waktu yang cukup lama, maka performa baterainya akan berkurang dan lama pemakaian hp mu juga akan berkurang yang pada akhirnya kita sering sebut dengan baterai drop. Yang biasanya kuat tiga jam tanpa jeda buat main game, sekarang baterai hp mu hanya bertahan selama satu jam saja. Hal ini pasti membuat mu merasa kecewa dengan hp mu yang kamu punya sekarang tapi jangan terburu-buru beli hp baru atau menjual hp mu dulu. Ada cara membuat baterai hp awet kembali seperti sedia kala  yang bisa kamu coba sebelum memutuskan untuk membeli hp baru atau menjual hp mu yang sekarang.

kalibrasi baterai
Source: androidpit.com


Caranya itu kalibrasi, kalibrasi adalah membuat baterai hp awet kembali seperti sedia kala. kalibrasi adalah proses pengaturan ulang baterai agar sesuai dengan sistem. Kenapa harus di kalibrasi?, alasannya adalah menggunakan charge hp yang tak sesuai dengan hp mu ataupun menggunakan charge KW atau palusi. Karena ketidakcocokan tegangan pada charger yang lebih besar atau lebih kecil. Akhirnya ada ketidakcocokan antara sistem pengisian daya baterai yang ditampilkan dengan daya yang masuk dengan hp mu jadi hal ini penyebab baterai mu ngedrop.cara kalibrasi ini bisa digunakan hanya pada baterai yang menurun kinerjanya bukan pada baterai hp mu yang kembung, soak, ataupun udah mati total.cara kalibrasi ada dua cara menggunakan kalibrasi aplikasi atau kalibrasi tanpa. Kalibrasi aplikasi dibedakan lagi menjadi kalibrasi dengan root dan kalibrasi tanpa root.

Baca juga: Tips dan Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama

Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Dengan Bantuan Aplikasi pada HP yang Sudah di Root:
Aplikasi kalibrasi baterai


  1. Download Battery calibration 
  2. install Battery calibration 
  3. Untuk melakukan kalibrasi, kamu harus memastikan hp android mu sudah terisi dayanya 100%. Jika sudah terisi penuh hp android mu, buka aplikasi Battery calibration di aplikasi android mu.
  4. Tekan battery calibration pada aplikasi Battery calibration.
  5. Tunggu beberapa lama hingga muncul pesan notifikasi calibration suceeded!.
  6. Lalu gunakan hp android mu hingga baterainya benar-benar kosong (0%). Charge hp android mu yang sudah mati hingga terisi penuh (100%).  baterai mu akan cara membuat baterai hp awet kembali dengan bantuan aplikasi pada hp yang sudah di root.


Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali dengan Bantuan Aplikasi tanpa Root:


current widget battery monitor

  1. Download dan install aplikasi current widget battery monitor di google play store.
  2. Cari widget battery monitor dan pasang di layar home Hp android mu. Widget itu memiliki fungsi untuk mengetahui pengisian baterai mu.
  3. Charger hp mu dan biarkan hp mu dalam kondisi menyala.
  4. Jika widget menunjukkan full baterai 100 %
  5. Cabur charge dan restart Hp android mu.


Cara membuat baterai HP awet kembali tanpa aplikasi :


Cara membuat baterai HP awet kembali tanpa aplikasi
Source: andropit.com

Opsi 1:

  1. Gunakan smartphone mu hingga tersisa 1% daya baterainya.
  2. Matikan Hp mu dan charge hingga penuh (100%) lakukan hal ini 3-5 hari untuk menghasilkan hasil yang optimal.
  3. Untuk mengecek apa kalibrasi berhasil, setelah  baterai terisi penuh (100%), cabut charge dan kemudian pasang kembali. jika  ada notifikasi pengisian daya baterai kembali bukan baterai full(100%), berarti hp kamu masih belum terkalibrasi. Jika belum lakukan cara ini selama 6-10 hari hingga baterai benar-benar terkalibrasi.


Opsi 2:

  1. Gunakan baterai hp kamu hingga benar-benar kosong (0%), cara menghabiskan baterai tidak boleh dengan memainkan game di hp.
  2. Setelah baterai hp sudah mati total, charge hp mu hingga terisi penuh 100%
  3. Charge hingga 4 jam lamanya agar cell baterai terisi penuh seperti kamu saat melakukan charger petama setelah melakukan membeli hp mu dulu.
  4. Jika baterai dengan cepat berkurang dari 100 % menjadi 97%, maka lakukan cara di atas kembali hingga baterai tidak dengan cepat berkurang.


Selamat mempraktekan cara mudah kalibrasi tanpa aplikasi, menggunakan aplikasi dan harus di root terlebih dahulu ataupun menggunakan aplikasi tanpa root. Itulah cara membuat baterai hp awet kembali seperti sedia kala.


EmoticonEmoticon