Rabu, 14 Maret 2018

Tips dan Cara Menghemat Baterai Android agar Tahan Lama

Bagi pengguna smartphone android, daya tahan baterai adalah sesuatu hal yang penting dalam aktivitas sehari-harinya. Jika baterai cepat habis akan menghambat dalam aktivitas atau rutinitas penting  kalian. Hal ini sangat merepotkan dan bisa berakibat fatal jika ada bisnis atau hal penting yang harus dilakukan disaat itu juga.  Ibaratnya baterai android itu adalah nyawan smartphone android. Jika habis daya baterainya, habis juga nyawa smartphone android mu.

Source: zdnet.com

Sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk hemat baterai yang tersedia di google play store tapi kamu harus hati-hati dalam memilih dan menentukan aplikasi yang kamu akan pilih untuk digunakan menghemat baterai android mu. salah memilih aplikasi untuk hemat baterai android mu malah  bisa membuat baterai tambah boros dan cepat habis.

Selain hal itu penyebab utama baterai android mu cepat habis adalah aplikasi yang bekerja dibalik layar, kecerahan layar, dan masih banyak lagi penyebab baterai android boros. pasti kalian kebingungan mencari cara  menghemat baterai  agar smartphone android mu lebih hemat baterai. inilah beberapa cara dan tips  menghemat baterai.


Cara  menghemat baterai Android agar:

1. Kurangi Kecerahan
mengatur kecerahan layar hp android


Tak di ragukan lagi kecerahan layar smartphone android mu menentukan seberapa lama baterai akan awet, selain banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar. Semakin terang baterai, maka semakin boros pemakaian baterai smartphone android mu. Maka dari itu buatlah layar mu memiliki kecerahan yang minim dan masih tampak jelas tampilan yang di layar.  Pengaturan kecerahan otomatis pada smartphone android mu sebaiknya di matikan sebelum mengatur kecerahan layar sesuai keinginan mu.

2. Matikan  yang tidak dibutuhkan


menoaktifkan fitur android


Non aktifkan seperti data perangkat untuk mengakses internet, WIFI, Bluetooth, GPS dan NFC serta rotasi layar otomatis jika tidak digunakan agar smartphone android mu baterainya semakin awet. karena jika tidak dimatikan semua hal itu akan membuat smartphone android mu bekerja ekstra. Tethering atau menggunakan smartphone mu menjadi modem juga bisa cepat menghabiskan baterai, jika tidak sangat dibutuhkan jangan gunakan fitur ini agar hemat baterai.

Baca juga: Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Seperti Sedia Kala

3.Wallpaper
Wallpaper android


Live wallpaper mungkin menarik tapi sebaiknya jangan digunakan, karena Live wallpaper atau yang disebut wallpaper bergerak ini memakan banyak daya baterai. Gunakan wallpaper yang biasa agar baterai lebih awet.

Khusus pengguna smartphone layar AMOLED, gunakan wallpaper berwarna gelap. karena layar AMOLED mengeluarkan cahaya sesuai tampilan layar wallpaper. JIka wallpaper sangat terang, maka akan memakan baterai yang cukup banyak. JIka wallpaper berwarna gelap maka akan memakan baterai sedikit karena layar AMOLED hanya perlu menghasilkan cahaya yang sedikit. Hal ini sudah pernah di uji coba oleh beberapa pengguna Smartphone dengan layar AMOLED yang bisa di baca dalam http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=660853 hasil percobaan itu menunjukkan kesimpulan bahwa layar dengan wallpaper gelap akan lebih hemat baterai 6% lebih banyak dibanding layar dengan wallpaper cerah.

4.Tutup Aplikasi 
menutup aplikasi bawaan android


Tutup Aplikasi yang berjalan dibelakang layar dan aplikasi aktif yang sudah tidak kamu gunakan saat itu seperti sosial media atau aplikasi android lainnya. Semakin banyak aplikasi yang berjalan dan aktif akan membuat baterai mu boros dan cepat kehabisan daya. Tutup paksa aplikasi berjalan dibelakang layar yang tidak kamu gunakan, tapi hati-hati dalam menutup aplikasinya. Kamu harus tahu aplikasi apa itu dan fungsinya apa, kalau kamu salah menutup aplikasi yang berjalan dibelakang layar bisa-bisa smartphone android mu error.

5. Streaming
streaming youtube

Sekarang ini youtube, netflix dan situs streaming video serta musik makin di gandrungi oleh banyak orang. Tapi melalukan streaming video atau music dengan smartphne android mu akan memaksa smartphone mu terus bekerja dan menyebabkan baterainya cepat habis.

6. Aktifkan Doze
aktifkan mode doze
Source:.technobugg.com


Jika kamu memiliki smartphone dengan Sistem operasi (OS) Marshamallow aktifkan fitur Doze  sehingga smartphone mu akan dalam keadaan hibernasi jika tidak di pakai cukup lama.


7.Kurangi Pemakaian Smartphone Mu


jangan menggunakan hp


Source:pocketmindfulness.com

Mungkin ini cara yang paling ekstrim bagi orang yang tak bisa lepas dari gadget mereka. Tapi ini kenyataan yang tak bisa di hindari, jika kamu menggunakan smartphone android mu tanpa henti maka baterainya akan cepat habis. Apalagi digunakan 24 jam non stop untuk main game mobile legend, Vain Glory, Arene of Valor (AOV), league of legend atau game moba lainnya yang populer sekarang ini. Maka itu akan cepat menghabiskan baterai smartphone android mu.


Tips Hemat Baterai


Tips cara menghemat baterai


Source: makeuseof.com

  •  Gunakan Mode pesawat, Jika kamu berada di daerah yang susah signal atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Aktifkan mode pesawat agar smartphone android mu tidak terus menerus mencari sinyal dan jaringan operator seluler mu.
  • Gunakan headset saat kamu mendengarkan musik, karena penggunaan speaker pada smartphone android mu akan memakan banyak daya baterai.
  • Jangan menggunakan smartphone android mu saat dalam keadaan di isi daya baterainya, selain ini bisa membuat umur baterai lebih singkat dan menyebabkan kerusakan baterai smartphone android mu.
  • Atur screen timeout atau waktu nyala smartphone android mu menjadi lebih singkat jika tidak digunakan. Jika layar awalnya mati dalam 30 detik setelah tidak gunakan setting jadi 15 detik setelah smartphone android tidak gunakan.
  • Gunakan Mode Power Saving jika smartphone android mu memiliki mode ini. Mode ini akan mengatur smartphone android mu pada mode kinerja penggunaan baterai terendah.
  • Jangan gunakan charger palsu atau charger Kw untuk mengisi daya baterai smartphone mu. Karena tegangan dan pengaturan tegangan pada charger palsu atau kw tidak sama dengan charger asli aliasi ori. Jadi ini bisa memperpendek umur baterai yang akan berdampak pada kapasitas simpan daya baterai juga mengecil.
  • jangan gunakan banyak widget di smartphone android mu, karena itu akan memakan banyak daya baterai mu.
  • Non aktifkan/matikan fitur gerakan gestur, fitur gerakan gestur tertentu yang akan membuat smartphone mu akan melakukan tindakan tertentu memang efisien tapi bisa menyebabkan boros baterai.
  • Gunakan facebook lite dan twitter lite, aplikasi android ini cocok untuk pencinta facebook dan twitter yang ingin eksis tapi hemat baterai.
  • Matikan fitur getar/vibrate jika tidak ada dalam keadaan rapat atau beribadah sehingga smartphone mu berada dalam kondisi berdering dengan nada, hal ini akan menghemat baterai smartphone mu.



Pasti kamu bertanya-tanya bagaimana cara menghemat baterai samsung, cara menghemat baterai hp oppo, cara menghemat baterai hp advan, cara menghemat baterai hp xiaomi, cara menghemat baterai smartfren. Semuanya sama dengan cara diatas, karena cara di atas adalah cara menghemat baterai bagi semua merk ponsel android.Itulah tips dan cara menghemat baterai untuk smartphone android mu. Mudah bukan cara hemat baterai smartphone android mu.







EmoticonEmoticon