Selasa, 17 April 2018

Mengenal Komponen Kulkas dan Kerusakan Pada Kulkas Tidak Dingin

Kulkas berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman untuk menjadikannya dingin atau beku, dan juga membuat makanan atau minuman menjadi lebih awet. Jika suatu saat kulkas rusak, sebaiknya Anda segera memperbaikinya karena fungsinya yang cukup penting. Dan untuk mempercepat perbaikan, Anda sebaiknya mengenal komponen-komponen pada kulkas. 

 Kulkas Tidak Dingin
Sumber: lindarunn.se

Jenis Komponen dan Kerusakan Umum Pada Kulkas 
1. Evaporator Bocor, bisa disebabkan oleh benda tajam yang menusuk evaporator tersebut, atau karena bunga es kristal terlalu banyak, sehingga freon mengalami kebocoran atau keluar semua dari dalam evaporator tersebut.

Semakin tebal atau banyak bunga es kristal itu menyebabkan mesin kulkas bertambah berat dan terjadinya pemborosan listrik. Ditambah lagi dengan mesin kulkas tidak berjalan maksimal yang menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin.

2. Pengatur suhu (termostat) putus, sehingga tidak bisa menyambungkan listrik ke kompresor. Putusnya aliran listrik tersebut menyebabkan kulkas tidak dingin kompresor panas. Semua komponen pendingin seperti AC dan kulkas menggunakan termostat atau pengatur suhu tersebut, karena tingkat kedinginan itu tergantung pada suhu yang dihasilkan.

Jika suhu sudah mencapai suhu maksimal, maka mesin kulkas itu akan berhenti dalam keadaan standby (bukan mati). Dan jika suhu nya sudah mulai naik, maka mesin akan kembali nyala untuk mendinginkan kulkas kembali.

Termostat itu bekerja dengan menggunakan sensor yang berubah secara otomatis, bisa menurunkan tekanannya pada saat berada pada suhu rendah dan membuat switch atau tombol menjadi terbuka dan tertutup sendiri.

3. Alat otomatis atau overload pada kulkas mengalami kerusakan, dimana fungsi dari overload itu adalah untuk mencegah panas yang berlebihan pada kompresor (overheat) . Jika suhu dalam kompresor panas, maka overload ini secara otomatis akan menghentikan arus, dan akan menjalankannya kembali setelah suhu normal.

Dalam keadaan overload tidak berfungsi, maka jika suhu dalam kompresor panas, dan overload tidak menghentikannya, maka akan terjadi overheat, dan jika overheat itu terjadi, maka aliran arus listrik ke dalam kompresor akan terganggu.

Overload tersebut ada yang menempel pada kompresor namun bisa dicabut, dan ada juga yang model sudah menyatu (tertanam) pada kompresor dan tidak dapat dicabut. Untuk model tempelan, jika rusak Anda mudah untuk menggantinya, sedangkan model tanam tidak bisa diganti, harus mengganti keseluruhan dari kompresor.

4. Freon adalah komponen yang memiliki pipa kapiler untuk mengatur sirkulasi dalam freon.  Jika pipa tersebut tersendat atau mampet, maka sirkulasinya tidak akan lancar, sehingga kondensor di sebelah kiri, kanan, dan belakang tidak terasa panas.

Freon yang rusak tersebut harus diganti walaupun isinya masih banyak, karena akan merusak jaringan sirkulasi freon yang akan menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Freon ini bertugas membantu kompresor mengubah tekanan.

Baca juga:Baca juga:Cara Merawat Kulkas agar Awet dan Tahan Lama

5. Jika pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat, maka udara dingin yang ada pada kulkas akan keluar semua, bisa menambah banyak karang es dan menyebabkan bagian dalam kulkas tidak bisa bekerja secara optimal, padahal lampu kulkas hidup tapi tidak dingin.

Buka tutup pintu kulkas yang sering dilakukan juga bisa mengganggu proses kerja freezer, karena sewaktu pintu kulkas terbuka, maka udara panas yang masuk ke dalam kulkas akan memberikan efek penumpukan bunga es.

Memasukkan makanan panas ke dalam kulkas juga bisa merusak kulkas, karena sama halnya dengan sering membuka tutup pintu kulkas, udara panas pada makanan/minuman itu akan mempengaruhi pembentukan es kristal.

6. Kompresor adalah komponen penting dalam kulkas. Jika kompresor rusak, maka mesin kulkas tidak akan bisa berjalan dengan optimal. Kompresor ini yang akan memompa atau membagikan dingin ke seluruh bagian kulkas.

Terkadang kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin dikarenakan pembagian dingin tersebut tersendat karena tidak optimalnya fungsi dari kompresor ini.

Kompresor yang lemah akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada kulkas. Kompresor memang masih menyala, tapi tidak maksimal, inilah yang menjadikan penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala seperti keadaan normal. Anda tidak akan menyadari bahwa kulkas dalam keadaan rusak, sampai saat Anda melihat bahwa isi kulkas tidak dingin.

7. Listrik yang sering mati dan nyala atau listrik tidak stabil, juga bisa membuat kulkas rusak, terutama pada bagian kompresornya. Sedangkan kompresor adalah komponen yang harganya cukup mahal dalam bagian kulkas karena fungsinya yang memang memegang peranan penting.

8. Filter atau Penyaring yang berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, bakteri dan jamur yang masuk ke dalam kulkas, sehingga membuat kulkas menjadi steril untuk penyimpanan makanan dibanding diluar kulkas.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin
Sumber: jd.id

Komponen yang ada pada kulkas 1 pintu dengan 2 pintu ada perbedaan, jadi bukan hanya perbedaan pintunya saja. Sama halnya dengan 1 pintu, kulkas 2 pintu juga bisa mengalami kerusakan, seperti tidak dingin. Penyebab Kulkas 2 pintu tidak dingin adalah :

1. Tidak berfungsinya timer pada kulkas, yaitu alat yang mengatur waktu bekerja dan waktu berhenti atau standby semua komponen dalam kulkas, sedangkan timer pada kulkas 2 pintu berfungsi untuk mengatur kapan komponen akan panas dan kapan akan dingin. 

2. Fan atau kipas dalam kulkas 2 pintu berfungsi untuk membagikan dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas. 

Kipas yang berada dekat freezer (pintu bagian atas) dan juga sebagian ada di kedua bagian kulkas, atas dan bawah. Jika kipas tidak berputar, menyebabkan menimbunnya bunga es kristal pada freezer. Blok es tersebut membuat freezer kulkas tidak bisa beku, dan menimbulkan efek juga ke bagian chiller dibawah freezer.

3. Fuse yang terdapat di bagian freezer, menempel pada evaporator, berfungsi untuk mencairkan bunga es kristal. Fuse terdiri atas fuse panas dan fuse dingin. Ini juga hanya ada di kulkas 2 pintu, karena fuse hanya ada di bagian atas (pintu bagian atas).

Kerusakan fuse ini akan mengakibatkan bunga es kristal akan semakin menumpuk, sehingga menjadi penyebab freezer tidak dingin, dan akan mengurangi dingin kulkas, atau bahkan menjadi tidak dingin sama sekali. 

4. Defrost kulkas berfungsi untuk mencairkan bunga es kristal dalam freezer, posisinya di bagian evaporator. Defrost ini diatur oleh timer untuk menyalakan pemanas, yaitu sekitar 8 jam untuk membentuk es kristal, sedangkan 45 menit akan berfungsi memanaskan.

Jika defrost rusak, maka kulkas akan menjadi tidak dingin, karena pengurasan es batu yang biasa dilakukan oleh defrost tidak bisa dilakukan lagi akibat alat tersebut tidak berfungsi. 

5. Heater kulkas (pemanas) berbentuk bola lampu 12 inch untuk kulkas yang kecil, dan 14 inch untuk kulkas yang berukuran besar. Heater ini juga ada yang berbentuk pipa dan menempel pada badan evaporator.

Kerusakan alat ini bisa membuat es kristal akan menumpuk, sirkulasi udara dalam kulkas akan terganggu, suara kipas akan terdengar sangat brisik atau berupa gesekan, dan biasanya menyebabkan lampu kulkas hidup tapi tidak dingin.

6. Vius atau sekring yang terdapat dalam evaporator untuk mengamankan heater. Kerusakan kulkas tidak dingin yang diakibatkan oleh sekring ini sama seperti kerusakan pada kulkas, karena merupakan satu bagian yang menempel.







EmoticonEmoticon