Minggu, 06 Mei 2018

Cara Siaran Langsung di Instagram Dengan Smartphone Android Mu


Instagram sekarang memiliki fitur baru yaitu siaran langsung atau Live Streaming yang berarti Anda membagikan video secara langsung, bukan dengan cara unggah. Misalnya saat ini Anda sedang berada di atas gunung dan ingin menunjukkan kepada follower keadaan di gunung pada saat ini juga, maka Anda bisa menggunakan fitur ini.

Cara Siaran Langsung di Instagram Dengan Smartphone Android Mu
Sumber: later.com

Cara Siaran langsung di instagram ini hampir sama dengan Facebook Live yang sebelumnya sudah terkenal lebih dahulu. Live streaming ini bisa dilakukan di aplikasi Instagram  yang sudah diinstall di ponsel Android Anda.

Jika Anda belum memiliki aplikasi Instagram  yang terpasang di ponsel  Anda, maka Anda harus memasangnya terlebih dahulu dari Playstore untuk Android atau App Store untuk iPhone. Lalu buat akun yang membutuhkan alamat email serta nomor telepon.

Setelah Anda memiliki akun Instagram yang aktif, baru Anda bisa mempraktekkan Cara Siaran Langsung di Instagram Android tersebut dan Anda bisa mulai beraksi dengan kejadian-kejadian menarik di sekitar Anda.

Tutorial Live Instagram
Untuk pengguna baru aplikasi Instagram maupun pengguna lama yang belum pernah memakai fitur Siaran Langsung Instagram, berikut dibawah adalah panduan untuk melakukan live streaming tersebut:

1. Buka akun Instagram Anda  Login

2. Pada halaman depan (Home), Anda bisa melihat di bagian atas ada tulisan “Stories”. Itu adalah video-video live atau live streaming dari orang-orang yang Anda ikuti di Instagram .

3. Di paling pojok kiri atau icon pertama, ada icon dan tulisan “Your Story”, maka itu adalah tombol untuk Anda yang akan memulai Cara Siaran Langsung di Instagram tersebut.

4. Anda tekan tombol tersebut, di bagian bawah ada beberapa pilihan video yaitu Live, Normal, Boomerang, Superzoom, Rewind, Handsfree.
4.1. Live untuk melakukan Siaran Langsung atau Live Streaming.
4.2. Normal, untuk merekam video secara normal dan mengunggahnya kemudian.
4.3. Boomerang, yaitu aplikasi yang memainkan video singkat tapi berulang-ulang dengan frekwensi yang cepat.
4.4. Superzoom, membuat video secara dramatis dan memfokuskan pada titik tertentu yang dipilih dengan kotak yang muncul dalam pilihan di video.
4.5. Rewind, yaitu membuat video secara terbalik. Misalnya jika Anda merekam langkah kaki Anda kearah kanan, maka video itu akan menghasilkan langkah Anda kearah kiri (sebaliknya).
4.6. Handsfree, yaitu membuat video tanpa perlu menahan mulai dan stop, video itu akan merekam sendiri sesuai durasi standard dan akan berhenti secara otomatis.

5. Anda pilih yang tipe Live, maka akan muncul tombol “Start Live Video”, tekan tombol tersebut dan mulailah beraksi di depan kamera sampai durasi maksimal 1 menit. Setelah selesai tekan tombol “End Live Video”, klik Save untuk Menyimpang video tersebut.

6. Di bagian layar juga akan terlihat tombol dan pilihan dengan tulisan “Share your video for the next 24 hours so more people can watch it”, maka Anda tekan tombol Share di paling bawah.

7. Video yang baru Anda buat secara langsung akan terpasang di Insta story Anda, dan para follower Anda akan melihat video tersebut selama 24 jam. Video akan hilang otomatis dalam waktu 24 jam.

Tutorial ini juga hampir sama dengan jika Anda ingin mengetahui Cara Siaran Langsung di Instagram Berdua. Fitur ini baru diluncurkan pada Agustus 2017 lalu. Jadi untuk Anda yang merasa tidak percaya diri untuk melakukan siaran sendirian, Anda bisa mengundang teman Anda untuk siaran berdua bersamaan.

Cara Siaran Langsung di Instagram Berdua adalah sebagai berikut:
1. Untuk aplikasi Instagram  yang sudah melakukan pembaruan, di pojok kanan bawah dari menu Live, akan muncul menu “Tambahkan atau Add”. Menu baru ini bisa Anda pilih dan menentukan dengan siapa Anda akan siaran secara langsung.
2. Setelah memilih nama salah satu follower atau teman di Instagram , maka layar akan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian atas adalah wajah Anda atau video Anda, sedangkan di bagian bawah adalah wajah atau video teman Anda tersebut.
3. Jika Anda ingin mengganti teman siaran Anda, maka Anda tinggal tekan tombol selesai, dan menggantinya dengan teman Anda yang lain.
4. Setelah selesai melakukan siaran berdua, Anda bisa membagikannya di Insta Story Anda atau menghapusnya sehingga tidak akan dilihat orang lain.

Anda juga dapat melihat orang lain yang sedang live, tentunya orang-orang yang Anda ikuti (follow). Cara melihat live instagram orang lain yaitu dengan menekan icon atau gambar di baris Insta Story, disitu akan terlihat siapa saja yang telah melakukan siaran langsung.
Untuk memberi komentar terhadap live Instagram dari teman Anda, Anda cukup mengetik komentar seperti pada umumnya. Namun tidak semua bisa diberikan komentar, tergantung dari orang yang membuat live Instagram tersebut, jika dia menonaktifkan komentar, maka tidak ada yang bisa memberikan komentar pada video tersebut.
Anda juga bisa melakukan pin komentar pada live Instagram tersebut, yaitu membuat komentar Anda berada paling atas dibanding komentar lainnya sehingga lebih mudah untuk dilihat.
Cara pin komentar di live Instagram cukup mudah, Anda tekan komentar yang akan Anda pin tersebut, tekan dan tahan lama kalimat komentar tersebut, maka secara otomatis komentar itu akan berada di atas.


Mengatasi Masalah Tidak Bisa Live di Instagram
Dengan fitur baru dari Instagram ini, cukup menarik banyak perhatian dari pengguna Instagram. Memang sejak Instagram  diakusisi oleh Facebook, berbagai tambahan fitur telah dilakukan untuk aplikasi media sosial yang satu ini.
Karena merupakan fitur baru, banyak juga pengguna yang tidak bisa melakukan Siaran Langsung di Instagram . Kenapa tidak bisa live di Instagram ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti disebutkan dibawah ini, beserta solusinya:
1. Anda belum memperbaharui Instagram Anda ke versi terbaru. Jadi untuk bisa mempraktekkan Cara Siaran Langsung di Instagram, sebaiknya Anda segera melakukan update aplikasi Instagram Anda dari Playstore.
2. Versi Android Anda masih dibawah Android OS 5.0.2 Lollipop, jadi Anda harus melakukan upgrade, jika ponsel Anda tidak mendukung untuk upgrade Android, maka Anda harus mengganti ponsel Anda yang memiliki OS diatas 5.0.2 tersebut.
3. Sudah melakukan update tetapi tetap tidak bisa menggunakan Live Instagram, itu karena terlalu banyak aplikasi dalam Ponsel Anda, sehingga Anda harus melakukan restart pada ponsel untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
4. Jika setelah restrart masih tetap tidak bisa digunakan, maka coba Uninstall Instagram Anda dan install kembali. Hal ini mungkin disebabkan aplikasi Instagram yang lama mengalami gangguan.
5. Untuk pengguna iPhone juga sama, harus menggunakan OS (Operating System) yang terbaru. Untuk tipe iPhone 4S dan yang lebih rendah, tidak bisa menggunakan fitur Live Instagram itu, karena masih menggunakan OS yang lama. Jadi Anda harus menggantinya dengan OS yang lebih baru.
6. Jika Anda sedang melakukan Live Instagram, pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat, karena itu sangat berpengaruh terhadap siaran tersebut.






EmoticonEmoticon