Senin, 27 Agustus 2018

6 Cara Mengatur Windows Destop yang berantakan

cara mengatur windows destop berantakan

Windows destop adalah tampilan utama saat laptop/PC kamu aktif. Dalam windows destop biasanya terdapat banyak shortcut program dan file untuk memudahkan kamu mengakses file serta program tertentu tapi bagaimana jika data file penting terlalu banyak dan banyak shortcut yang ada di halaman windows destop. Jawabannya pasti windows destop akan jadi berantakan dan tidak enak di pandang, yang pada akhirnya bisa mempengaruhi mood atau menganggu pandangan kita sendiri. jadi disini kami akan memberikan cara mengatur yang berantakan agar terlihat rapi dan teratur serta yang paling penting mudah untuk menemukan shortcut file atau program yang ingin kamu pakai.


1. Sembunyikan Semua destop icon
cara mengatur windows destop berantakan 2


Ini cara bagi kamu yang tidak pernah menggunakan shortcut pada windows destop tetapi shorcut terus bermunculan banyak dan berantakan setelah kamu menginstall aplikasi-aplikasi di laptop/PC kamu. Klik kanan pada layar windws destop mu lalu pilih view dan hilangkan tanda centang pada show destop icons untung menyembunyikan semua icon shortcut kamu. Jika kamu ingin mengembalikannya lagi cukup ulangi langkah di atas dengan klik kanan, pilih view dan centang kembali show destop icons.

2. Mensortir Icon Destop

Untuk Mengatur destop secara cepat kamu hanya perlu klik kanan dan pilih sort by, lalu tentukan icon shortcut destop mu ingin di sortir atau di urutkan berdasarkan apa?. Bisa dengan nama, ukuran, jenis file dan tanggal di ubah.
cara mengatur windows destop berantakan 3


Kamu juga bisa mengubah ukuran icon shortcut destop mu dengan klik kanan, pilih view lalu tentukan ukuran icon yang kamu inginkan apakah ukuran icon kecil, sedang ataupun besar.
cara mengatur windows destop berantakan 4

Jika kamu menghilangkan centang pada auto arrange icon, maka kamu bisa memindahkan icon shortcut destop mu sesuka hati di layar windows destop mu. Jika kamu centang, maka icon akan selalu berkumpul sendiri bersebelahan satu sama lain.

3. Menaruh file dan shortcut mu dalam folder dalam windows destop
cara mengatur windows destop berantakan dalam folder

menggunakan folder untuk membuat layar destop terlihat rapi. caranya klik kanan  lalu pilih new lalu pilih folder dan tuliskan nama foldernya. Lalu seret file atau shortcut masuk ke dalam folder yang kamu inginkan. Jadi jika kamu membutuhkan file atau shortcut, kamu tinggal klik foldernya saja dan ini sangat mudah serta membuat layar destop mu terlihat rapi.


4. Gunakan layar destop sebagai tempat kerja sementara
cara mengatur windows destop berantakan 5


Jika kamu menganggap layar destop sebagai tempat kerja sementara, maka setelah pekerjaan selesai file akan di pindahkan folder atau tempat penyimpanan  lain agar file pekerjaan tidak bertumpuk di layar destop.

5. Taruh Shortcut di Start menu dan taskbar

Setiap kamu menginstall aplikasi, kebanyakan  aplikasi itu akan membuat shortcut di layar destop hingga membuatnya terlihat penuh. Jadi sebaiknya pindahkan shortcut program ke tempat lain seperti taskbar atau start menu.
cara mengatur windows destop berantakan menaruh taskbar


Cara untuk menaruh shortcut di taskbar, klik kanan shortcut itu lalu pilih pin to taskbar. Kemudian hapus shortcut di layar destop, karena kamu sudah tidak membutuhkannya lagi. Karena sudah ada shortcut program di taskbar.

Kamu juga memindahkan shortcut ke start menu dengan cara klik kanan shortcut lalu pilih pin to start. Maka shortcut akan muncul pada  start menu. Start menu pada windows 7, ada di bagian kiri. Sedangkan pada window 8, 8.1 dan windows 10 start menu ada di bagian kanan.

Di windows 10 kamu bisa menaruh aplikasi shortcut di start menu untuk mengatur shortcut dalam satu kelompok dan klik bagian atas header di atas kelompok shortcut lalu beri nama. Contoh kamu bisa mengumpulkan shortcut game kesukaan mu dalam kelompok shortcut "game"

cara mengatur windows destop berantakan windows 10


Jika kamu menggunakan windows 10, kamu bisa unpin semua aplikasi yang sudah di pin untuk membuat start menu sesuai keinginan mu sendiri.

 Setelah kamu memindahkan shortcut icon ke taskbar/start menu kamu bisa menghapusnya.  Jika kamu tidak sengaja menghapus shortcut icon, kamu bisa mengembalikannya dengan  cara ke start menu dan cari shortcut yang kamu ingin kembalikan lagi lalu tarik ke layar destop mu.

6. Install Fences

fences

Cara terakhir adalah install stardocks fences. Ini adalah aplikasi yang membuat kotak yang disebut  fences untuk menaruh shortcut dan file di layar desktop windows mu. Kamu bisa memberikan warna berbeda serta menamai fences. Kamu hanya perlu menarik shortcut dan file ke dalam fences yang kamu buat. JIka kamu membuat fences ukuran kecil, fence bisa di scroll untuk melihat isi dalam fences terdapat icon atau file apa saja. Kamu bahkan bisa roll up agar semua isi dalam fences tak terlihat.

Kamu bisa mencobanya selama 30 hari dengan gratis, jika cocok kamu bisa membeli seharga $10.


EmoticonEmoticon