Kamis, 16 Agustus 2018

Jenis Iklan Baru Google ads: Responsive Search Ads

Saat live konferensi Google marketing beberapa minggu lalu, google sekali lagi menguncang dunia periklanan dengan inovasi baru yang bernama google responsive search ads. Dengan jenis bentuk iklan google yang bernama google responsive search ads ini iklan dari para advertiser( pengiklan)  akan di tampilkan dalam pencarian google dengan keyword tertarget yang akan di tampilkan dalam smartphone/tablet (mobile). Dengan jenis iklan google responsive search ads, google akan secara mengabungkan, mencocokan  dan menguji kombinasi ad copy yang disediakan oleh pengiklan adword. Dari sini, para advertiser google ads akan tahu dan bisa fokus pada iklan yang paling cocok.

Sumber: komarketing.com

Yang membuat iklan ini sangat memikat adalah bentuk iklan ini menunjukkan judul dan deskripsi. Ini membuat bentuk iklan 79 % lebih besar dibanding sebelumnya.

Responsive search ads akan mulai di luncurkan pada bulan september sebagai bentuk iklan teks baru. Dengan iklan jenis baru, orang yang melakukan pencarian di google akan di perlihatkan serangkaian judul dan deskripsi. Google akan akan menyalin dan secara otomatis menjalankan iklan menggunakan banyak kombinasi yang bisa dilakukan. Setelah dilakukan uji coba dalam waktu yang cukup, google akan menentukan kombinasi judul dan deskirpsi paling efektif.

Saat pengiklan membuat responsive search ads, pengiklan bisa memasukkan:
  1. 3 hingga 15 judul
  2.  2 hingga 4 deskripsi.


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, satu keuntungan penting dari iklan bentuk ini adalah tambahan ad space. Dengan jenis iklan ini, google sekarang menunjukan satu tambahan judul (30 karakter) dan satu tambahan deskripsi (80 karakter).

Google juga menawarkan fitur "pin" sebuah judul atau sebuah deskripsi  untuk posisi yang spesifik. Sebagai contoh, jika seorang pengiklan memiliki 5 judul, tapi ingin judul " pesan hari sekarang" pada nomer dua urutan judul, sekarang pengiklan google bisa melakukan itu.

Pada jenis iklan responsive search ads, judul dan keyword akan di gabungkan. Ini artinya pengiklan harus memastikan semua kombinasi yang mungkin dan masuk akal.  ini juga untuk menghindari memiliki pesan yang sama dalam banyak bagian iklan, masih harus memastikan keyword ada, hingga pesan bisa dipasangkan bersama-sama.

Penggunaan "pinning" saat mengimplementasikan ad copy juga penting, khususnya jika ada judul atau deskripsi spesifik yang harus ada di posisi tertentu  agar masuk akal.

Semua kombinasi search responsive ads akan digabungkan dalam satu rangkaian data. Karena semua datanya di gabungkan jadi satu, menemukan kombinasi yang terbaik sangat sulit. Idealnya laporan impresi, klik dan konversi untuk masing-masing kombinasi penting untuk menganalisa ad copy untuk membuat iklan selanjutnya.

Untuk semua jenis iklan, pengiklan harus sadar bahwa butuh waktu untuk pengujian iklan. APakah itu update keyword, perubahan jumlah biaya penawaran iklan atau pergantian landing page. Pengiklan harus memastikan memberikan waktu yang cukup untuk menguji iklannya sebelum yakin jenis atau bentuk iklan yang digunakan tidak memiliki konversi bagus alias boncos. Karena iklan butuh waktu agar bisa menunjukkan hasil yang maksimal seperti pada google responsive search ads lama waktu tergantung jumlah judul dan deskripsi yang digunakan, mungkin akan lebih lama dibanding untuk google menentukan kombinasi terbaik. Jadi pastikan berikan waktu yang cukup agar google bisa mencoba semua kombinasi untuk memastikan hasil yang akurat.

Pada beberap minggu terakhir, google juga mengumumkan akan memberikan penambahan judul dan deskripsi pada semua iklan biasa pada akhir bulan agustus.

Jika pengujian cepat dan pembelajara pintar otomasti yang dibutuhkan oleh pengiklan google ads, maka google responsive ads adalah pilihan yang sempurna.


EmoticonEmoticon