Senin, 10 September 2018

Cara Merawat Kulkas agar Awet dan Tahan Lama


Cara Merawat Kulkas agar Awet dan Tahan Lama

Kulkas sekarang menjadi barang elektronik wajib untuk dimiliki oleh tiap keluarga di rumah. Dengan fungsi kulkas yang sebagai mesin pendingin untuk makanan agar tetap segar, lebih awet, tidak berjamur dan tidak mudah busuk. Pasalnya hawa dingin adalah salah satu cara pengawetan makanan. Tidak lupa sebagai tempat membuat es batu atau air dingin yang menyegarkan dahaga di kala cuaca panas terik. Umumnya masyarakat membedakan Kulkas  berdasarkan  jumlah pintu, seperti kulkas dua pintu dan kulkas satu pintu.  Pada dasarnya cara perawatannya sama walaupun memiliki jumlah pintu yang berbeda.

 Tidak semua orang tahu cara merawat kulkas agar  awet dan tahan lama.  Kebanyakan orang hanya menggunakan kulkas saja tanpa merawatnya sama sekali. Padahal jika digunakan tanpa di rawat akan membuat kulkas  tidak awet, cepat rusak dan tidak tahan lama seperti kompresor pendingin yang rusak, kulkas mati dan kerusakannya lainnya. Dilihat dari sisi kesehatan, Perawatan kulkas penting untuk menghindari pencemaran di dalam kulkas yang beresiko tinggi jika ada daging dan ikan mentah dalam kulkas yang berpotensi menyebarkan bakteri E.coli dan salmonela.

Baca juga:Mengenal Komponen Kulkas dan Kerusakan Pada Kulkas Tidak Dingin

Inilah beberapa tips dan cara Cara Merawat kulkas agar awet dan tahan lama

1.Pastikan Pintu kulkas selalu tertutup rapat

Dengan memastikan pintu kulkas tertutup rapat kita sudah memastikan agar suhu dalam kulkas tetap dingin dan membuat makanan serta minuman di dalamnya tetap awet dan agar hemat listrik.

Perhatikan juga apakah penutup  kotak freezer dalam keadaan baik sehingga bisa menutup freezer dengan rapat. Lihat juga karet penutup kulkas apakah masih berfungsi. JIka sudah tidak berfungsi sebaiknya diganti agar suhu kulkas tetap stabil.

2. Isi kulkas secukupnya

Pastikan kulkas tidak memiliki banyak barang melebihi kapasitas semestinya. Karena semakin banyak barang di dalam kulkas agar mengurangi sirkulasi udara di dalam kulkas hingga membuat suhu dalam kulkas tidak begitu dingin.

3.Atur suhu di dalam Kulkas

Pastikan suhu kulkas tidak lebih dari 4 derajat celcius agar makanan tetap segar dan awet. Serta pada freezer kulkas pastikan pada suhu di bawah 0 derajat celcius agar kulkas tidak bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kebekuan es.

4.Jangan masukkan sesuatu yang masih Panas

jangan sesekali memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Karena perubahan drastis suhu dari panas ke dingin akan menyebabkan makanan atau minuman cepat basi, jika makanan atau minuman menggunakan wadah dari kaca akan pecah.

5. Perhatikan tempat Kulkas diletakkan

Pastikan kulkas tidak dekat dengan kompor, karena suhu panas saat kita menghidupkan kompor akan mengurangi kinerja kulkas. Berikan jarak 15-20 cm bagian belakang kulkas dengan dinding di belakangnya agar sirkulasi udara pada kondesor lancar dan jangan taruh kulkas di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jauhkan dari sumber panas.

6.Jangan buka Kulkas saat pemadaman listrik

Karena kulkas bisa mempertahankan suhu dinginnya selama 24 jam, walaupun terjadi pemadaman listrik  jadi makanan atau minuman anda tidak akan basi.

7. Bersihkan bagian dalam kulkas

Ini bagian terpenting dari Cara Merawat kulkas. Lakukan pembersihkan berkala pada bagian dalam kulkas, minimal 1 bulan sekali.  cabut kabel colokan pada stop kontak agar Kulkas mati dan  Lepas rak-rak yang ada di dalam kulkas cuci gunakan busa dengan air dan cairan pencuci piring atau bisa juga dengan memasukkan rak ke dalam ember berisi air hangat bercampur sabun cuci piring.

 Keluarkan dan buang makanan atau minuman yang sudah kadarluarsa dan bersihkan dinding bagian dalam kulkas dengan lap, dan buang air sisa bunga es yang mencair pada freezer.Jika kulkas bau bisa gunakan baking soda untuk menghilangkan bau di dalam kulkas. Jangan mengikis bunga es di freezer dengan pisau, tunggu bunga es cair dengan sendirinya. Karena jika menggunakan pisau akan merusak bagian pelapisnya.

8.Bersihkan Kondesor

Bersihkan kondesor yang berada di belakang kulkas, Lap kondensor dengan kain agar tidak tertutup dengan debu sehingga kondensor bisa bekerja dengan maksimal. Karena pelepasan panasnya bagus

9. Taruh botol air

Walaupun kulkas dalam posisi kosong dalam artian tidak menyimpan sesuatu dan anda ingin terus menghidupkan kulkas, sebaiknya taruh botol yang berisi air agar kulkas tidak bekerja ekstra untuk mempertahankan suhu dinginnya.

terakhir sebaiknya gunakan stabilizer agar tetap stabil voltase kulkasnya, tidak terjadi tegangan tinggi dan rendah. Itulah beberapa Cara Merawat kulkas agar awet dan tahan lama untuk kulkas anda.


EmoticonEmoticon