Selasa, 08 Januari 2019

Cara Download Gambar di Google Melalui Android dan Laptop/Komputer


Saat melakukan presentasi di kantor maupun perkuliahan, pernahkah kalian melihat gambar yang pecah-pecah karena memiliki kualitas yang rendah. Nah, hal itu terjadi karena saat mengunduh gambar dari google, kalian tidak melakukan langkah yang benar. Ikuti cara download gambar di google melalui android dan laptop berikut ini.

1. Lewat Android

Pengguna android sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari yang satu ini yakni google. Via google, kalian dapat mendownload video, dokumen maupun gambar. Langkah mendownload gambar di google adalah:

Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah membuka browser yang tersedia pada android. Misalnya google chrome. Setelah itu buka halaman yang khusus gambar google.

Ketik kata kunci pada kolom pencarian misalnya “EXO” kemudian klik tombol kaca pembesar. Selanjutnya google akan menampilkan hasil pencarian kalian yang berupa gambar yang terkait dengan kata EXO tadi. 

Setelah kalian menemukan gambar yang sesuai dengan selera, klik dan tahan gambar tersebut, kemudian pilih ‘download gambar’. Namun untuk langkah ini tidak menjamin kualitas gambarnya tinggi. Saran saya adalah klik buka untuk mengunjungi halaman yang menyediakan gambar tersebut.

Halaman terbuka dan klik tahan pada gambar dan pilih ‘telusuri google untuk gambar ini’. Google akan menampilkan berbagai gambar sejenis dengan kualitas yang berbeda. Kalian dapat melihat kualitas gambar terbaik dan klik tahan pada gambar untuk mendownload.

Tunggulah hingga proses download gambar selesai untuk mengecek hasilnya. Biasanya gambar yang telah diunduh ke android akan tersimpan pada folder download. Agar lebih praktis untuk menemukan gambar tersebut, pindahkan saja gambar ke folder yang berisi gambar lainnya atau buat folder baru .

2. Lewat Laptop atau Komputer

Pengguna laptop biasanya mencari gambar untuk keperluan tugas kuliah maupun kantor. Maka dari itu dibutuhkan gambar yang berkualitas tinggi untuk melengkapi penjelasan pada tugas tersebut. Selain itu juga gambar untuk menghias tampilan desktop. Cara download gambar di google melalui laptop atau komputer, hampir serupa tapi tak sama dengan langkah download gambar melalui android.

Buka halaman google gambar melalui browser seperti google chrome. Setelah itu kalian akan diarahkan pada halaman google gambar untuk mengetik kata kunci yang ingin kalian cari gambarnya. Misalnya mengetik “EXO” dan klik enter pada keyboard.

Langkah selanjutnya adalah kalian akan dibawa pada banyak pilihan gambar terkait dengan kata kunci. Silahkan pilih gambar yang kalian inginkan, klik kanan dan pilih save image. Namun, gambar yang kalian unduh bukanlah yang memiliki kualitas tinggi.  Untuk download gambar dengan kualitas tinggi, kalian bisa klik kanan pada gambar dan pilih ‘open image in new tab’ atau ‘buka gambar di tab baru’.

Untuk memilih ukuran gambar yang lebih tinggi lagi, kalian dapat klik kanan pada gambar dan pilih ‘search google for image’. Langkah tersebut akan membawa kalian pada banyak pilihan gambar serupa dengan kualitas yang berbeda-beda. Kemudian klik kanan pada gambar, pilih ‘open image in new tab’ dan ‘save image’.

Tunggu sampai proses download berakhir dan gambar dengan kualitas HD akan menghiasi desktop laptop kalian atau melengkapi tugas.
Itulah beberapa langkah yang berguna untuk cara download gambar di google melalui android dan laptop/PC. Ikuti langkah tersebut maka kalian akan dapat memiliki gambar dengan kualitas tinggi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


EmoticonEmoticon