Rabu, 16 Januari 2019

Format Surat Kuasa Grab Yang Wajib Anda Ketahui


Format surat kuasa Grab tentunya wajib Anda ketahui apabila Anda ingin menjadi mitra dari Grab, dimana banyak sekali orang yang tertarik menjadi mitra dari Grab yang merupakan salah satu ojek online. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan surat kuasa, dimana kehadiran surat kuasa ini sangat penting. Oleh sebab itu Anda juga harus mempelajari mengenai seluk beluk surat kuasa, hal ini bertujuan agar Anda tidak salah paham ke depannya mengingat masih banyak orang yang menganggap remeh surat ini. 

Sebab surat ini akan memiliki nilai hukum dan bisa menjadi barang bukti apabila Anda telah menandatanganinya apalagi di atas materai.Oleh sebab itu berikut beberapa hal mengenai surat kuasa, serta bagaimana formatnya yang benar agar Anda tidak salah tulis. 

Apa itu surat kuasa?

Surat kuasa adalah surat mengenai pelimpahan kekuasaan maupun wewenang dari seseorang ke orang lainnya, Pelimpahan wewenang ini merupakan perwakilan pihak yang memberikan wewenang baik dalam urusan pribadi, hukum, maupun bisnis. Penggunaan surat kuasa dalam Grab sendiri diperlukan, dimana hal ini akan diminta jika Anda bekerja sama sebagai mitra kepada pihak Grab. Sebab penggunaan surat kuasa ini bisa terjadi apabila Anda ingin menjadi mitra Grab, dimana ketika Anda mendaftar nanti maka pihak Grab akan meminta STNK kendaraan milik Anda. 

Namun beberapa orang memiliki STNK bukan atas nama sendiri, oleh sebab itu Anda dapat melampirkan surat kuasa bahwa pemilik STNK tersebut mengizinkan kendaraannya digunakan oleh pemakai untuk Grab. Hal ini tentunya membuktikan bahwa kendaraan 

Anda bukan dari tindak kriminal, sebab pihak Grab tidak ingin mengadakan kerja sama dengan orang yang memiliki masalah hukum. Tentunya dengan melampirkan surat kuasa ini maka Anda bisa bekerja sama dengan pihak Grab menjadi mitra, karena kendaraan yang akan digunakan juga dipertimbangkan oleh pihak ojek online apakah bermasalah atau tidak. Mengingat apabila mitra bermasalah maka akan memberikan dampak terhadap citra Grab sendiri di mata masyarakat.

Bagaimana format surat kuasa?

Tentunya membuat surat kuasa tidak dapat asal saja, dimana terdapat formatnya tersendiri. Mengingat surat ini bisa dijadikan barang bukti apabila terjadi masalah hukum, oleh sebab itu Anda harus memperhatikan ketika akan membuat surat kuasa. Untuk format surat kuasa sendiri Anda dapat menuliskan pernyataan berupa “yang bertanda tangan di bawah ini (pemilik) dimana di bawahnya berisi data diri pemilik berupa nama, alamat, dan no KTP. Untuk bagian bawahnya Anda bisa memberikan pernyataan berupa “sebagai pemilik sah kendaraan” dan dibagian bawahnya berisi data kendaraan seperti nopol, warna, no mesin, dan rangka. 

Untuk bagian akhirnya berikan pernyataan berupa “dengan memberikan kuasa khusus kepada peminjam” dimana hal ini berisi data Anda berupa nama, alamat, dan no KTP. Untuk bagian bawahnya jangan lupa menyertakan, nama kota dimana perjanjian dibuat beserta tanggalnya. Kemudian harus terdapat nama pihak pertama dan kedua, untuk bagian pihak pertama harus diberikan materai 6.000. Untuk format yang jelas maka Anda bisa melihatnya di mesin pencarian, dengan cara ini maka Anda bisa membuat surat kuasa sesuai dengan format surat kuasa Grab. Tentunya surat kuasa Anda akan sah secara hukum, sehingga pihak Grab juga akan menarik Anda sebagai mitranya karena surat kuasa yang ada sesuai dengan hukum apalagi jika telah ditempeli oleh materai


EmoticonEmoticon