Sabtu, 05 Januari 2019

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Storage


Kelebihan dan kekurangan cloud storage tentunya sangat penting untuk anda ketahui. Pada dasarnya cloud storage merupakan layanan penyimpanan file di internet. File yang telah disimpan di cloud storage bisa dikelola dimana saja selama penggunanya telah terhubung dengan jaringan internet. Untuk anda yang ingin mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan dari cloud storage, berikut pembahasan selengkapnya.

Kelebihan Cloud Storage

1. File yang tidak mudah rusak

Jika anda menyimpan data di layanan cloud storage, maka bisa dipastikan data tersebut tidak akan rusak. Keadaan dan kualitas dari file tersebut akan tetap sama saat pertama kali anda mengunggahnya. Kelebihan layanan ini memang tidak dimiliki media penyimpanan fisik, yang mana filenya bisa saja terinfeksi oleh virus atau terhapus.

2. Media penyimpanan yang tidak mudah rusak

Pastinya anda akan bertanya-tanya bukan mengapa media penyimpanannya tidak mudah rusak? Hal ini dikarenakan media penyimpanannya tidak berupa benda fisik dan penyedia pelayanan akan menjaga server tersebut dengan baik, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Saat terjadinya kerusakan, maka mereka secara otomatis telah menyiapkan back-up data yang telah disimpan ke dalam server tersebut.

3. Keamanan privasi

Privasi anda juga lebih terjaga dikarenakan cuma anda sendiri yang bisa mengakses maupun mengelolanya. Hal ini tentunya berbeda dengan media penyimpanan lainnya seperti flashdisk yang dapat dipinjam oleh orang lain, sehingga secara otomatis pengguna lain bisa melihat isi file yang anda miliki. Sedangkan ketika anda menggunakan cloud storage, maka untuk mengaksesnya dibutuhkan login ke akunnya terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password. 

4. Bisa diakses dimana saja

Saat menggunakan cloud storage, maka anda tidak perlu membawa flashdisk maupun hard disk lagi kemanapun anda pergi. Hal ini dikarenakan semua data yang anda gunakan telah tersimpan di server. Saat anda membutuhkannya, maka anda hanya perlu membuka serta mengunduhnya saja dimanapun dan kapanpun anda terhubung dengan jaringan internet.

5. Akan lebih menghemat tempat

Saat anda menggunakan cloud storage, pastinya akan jauh lebih menghemat tempat. Hal ini dikarenakan data yang tersimpan di database berbentuk digital, dengan begitu tidak akan memenuhi memori penyimpanan baik di dalam hp maupun pc.

Kekurangan Cloud Storage

1. Rentan terhadap peretasan 

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh cloud storage adalah rentan terhadap pembobolan dan peretasan terhadap layanan tersebut. Data ataupun file-file yang telah anda simpan ke dalam cloud storage tentunya bisa saja dibajak orang yang tidak bertanggung jawab.  

2. Membutuhkan akses internet

Saat anda ingin mengakses berbagai data yang nantinya digunakan, maka anda perlu menghubungkannya dengan jaringan internet agar bisa mengakses cloud storage. Karena jika tidak terhubung, maka aplikasi ini tidak bisa diakses. Untuk bisa mengunggah atau menyimpan file secara cepat, maka juga membutuhkan koneksi internet yang stabil. 

3. Sulit diakses di saat server sedang down atau mengalami traffic yang tinggi

Saat server mengalami down, tentunya data yang sudah tersimpan ke dalam cloud server akan menjadi sulit untuk diakses. Biasanya, proses pemulihan atau perbaikan cloud server yang mengalami down memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan tidak bisa ditentukan secara pasti.
Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai kelebihan dan kekurangan cloud storage.




EmoticonEmoticon