Rabu, 02 Januari 2019

Anda Ditolak Mendaftar Grab Karena Surat Kuasa Grab? Ini Solusinya


Anda Ditolak Mendaftar Grab Karena Surat Kuasa Grab? Ini Solusinya
sumber: /media.business-review.eu

Surat kuasa Grab memang sebagai persyaratan untuk anda yang ingin sekali mendaftar Grab. Namun, ada sebagian orang yang belum mengetahui apa itu surat kuasa. Untuk itu, berikut akan dipaparkan pembahasannya untuk anda.

Mengenal apa itu surat kuasa


Secara umum surat kuasa merupakan surat yang berisi mengenai pemberian kuasa atau wewenang dari satu pihak kepada pihak lainnya yang telah diberikan kepercayaan, dikarenakan si pemberi kuasa tidak bisa melaksanakan sendiri suatu tugas atau pekerjaan. Surat kuasa bisa terbagi ke dalam dua golongan, mulai dari surat kuasa formal serta surat kuasa non-formal. Umumnya, surat kuasa formal digunakan dalam hal-hal yang bersifat formal, namun berbeda dengan surat kuasa non-formal yang digunakan untuk hal-hal yang bersifat tidak resmi atau pribadi. 

Mengapa ketika mendaftar Grab dibutuhkan surat kuasa?

surat kuasa yang bermaterai 6.000 memang diperlukan ketika anda mendaftarkan diri menjadi seorang driver Grab Bike maupun Grabcar jika anda menggunakan kendaraan yang bukan milik anda (kendaraan sewaan, atas nama orang lain, atau pinjaman) maupun kendaraan yang dibeli merupakan kendaraan second (belum balik nama). Adapun ciri-ciri dari surat kuasa adalah sebagai berikut.

Menggunakan bahasa yang lugas, singkat, tidak berbelit-belit, dan efektif.

Berisi pemberian wewenang atau kuasa kepada seseorang tertentu.

Dikarenakan salah satu persyaratan untuk mendaftar driver, pihak dari Grab memerlukan foto STNK yang sesuai nama identitas pemakai kendaraan, maka dengan adanya surat kuasa ini, tentunya pihak Grab telah menganggap jika identitas kendaraan yang anda miliki sudah lengkap. Hal ini dikarenakan sudah adanya pelimpahan kuasa kendaraan si pemilik STNK untuk pemakai.

Tips Supaya Surat Kuasa Grab Anda Diterima

Untuk anda yang ingin mendaftar Grab, maka anda harus mengirimkan surat kuasa. Namun, banyak calon mitra yang telah mengirimkan surat kuasa tetapi masih tetap salah. Mereka terkadang menulis surat kuasa secara sembarangan. Jika hal ini terjadi, tentunya akan membuat pihak Grab akan meragukan anda. Maka dari itu, agar anda bisa menghindari kesalahan ini, berikut adalah beberapa tips agar surat kuasa bisa cepat diterima.

Menggunakan font yang tepat. Maksud tepat disini adalah tulisannya harus jelas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Misalnya saja seperti nama bulan atau nama orang yang harus diawali dengan huruf kapital, sedangkan penggunaan tanda koma haruslah sesudah nama tempat. Selain itu, bahasa yang digunakan untuk penulisan surat kuasa juga harus padat.

Isi surat kuasa. Untuk isinya, jangan lupa untuk mencantumkan nama dan tanda tangan dari pihak pertama dan pihak kedua, alamat, Nomor KTP, jenis, warna dan tahun pembuatan kendaraan, merk kendaraan, tipe, nomor mesin, nomor rangka, harus ada materai 6.000 yang digunakan sebagai tanda surat resmi dan terikat, nomor plat polisi di surat kuasa, dan di akhir surat tertera tanggal dan tempat pembuatan surat kuasa.

Menggunakan Lize spacing 1 pada surat kuasa. Line spacing terletak di home pada Microsoft word.

Meminimalkan jarak surat kuasa dan STNK. Hal ini dilakukan supaya gambarnya tidak blur dan bisa terlihat lebih jelas saat foto dikirimkan ke Grab pusat.

STNK dan surat kuasa harus berada di dalam 1 foto.
Setelah mengetahui berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, tentunya anda sudah tidak perlu lagi khawatir untuk mengirimkan surat kuasa Grab.


EmoticonEmoticon